Halaman

Silahkan pilih bahasa (choose your language) :

Senin, 15 November 2010

HAJI TAMATTU’


          Setelah selesai mengerjakan amalan umrah tamattu’, diwa-jibkan tinggal di Makkah hingga sampai waktu untuk mengawali ihram haji tamattu’, lalu bertolak ke Arafah untuk wuquf di sana. Pada masa sekarang ini, karena padat lalu lintas dan ramai jemaah haji, sehingga dikhawatirkan tidak akan sampai di Arafah pada waktunya, maka para jamaah haji diperbolehkan melakukan ihram pada 8 Zulhijah dan menuju Arafah pada malam harinya (malam 9 zulhijah). Juga tidak mengapa melakukan ihram pada 9 zulhijah sehingga diharapkan sampai di Arafah zuhur pada hari itu.


Wajib-wajib Haji Tamattu’

          Ada 13 amalan wajib haji tamattu’:
1.    Mengenakan kain ihram di Makkah
2.    Wuquf di Arafah
3.    Wuquf di Masy’aril Haram
4.    Melempar jumrah aqabah di hari id
5.    Berkorban di Mina
6.    Mencukur (halaq) semua rambut kepala, atau menggunting (taqshîr) sebagian rambut di Mina. Halaq adalah bagi yang belum pernah atau awal pertama melakukan ibadah haji. Sedangkan taqshîr bagi yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji. Tetapi bagi perempuan taqshîr.
7.    Thawaf haji di Makkah
8.    Shalat thawaf dua rakaat
9.    Sa’i antara Shafa dan Marwah
10.    Thawaf Nisa`
11.    Shalat thawaf nisa` dua rakaat
12.    Bermalam di Mina pada dua malam: ke-11 dan ke-12. Terkadang malam ke-13 juga.
13.    Melempar  jumrah pada hari ke-11 dan ke-12 zulhijah.


1. IHRAM
          Tempat melaksanakan ihram haji di Makkah Al-Mukar-ramah, meskipun disunahkan berihram di Hijir Ismail atau sekitar maqam Ibrahim as. Setelah itu bertalbiyah, sebagaimana lafaz talbiyah pada umrah tamattu’. Dengan demikian, berarti ia diharamkan melakukan segala aktifitas yang diharamkan pada umrah tamattu’. Lihat pada babnya.

Sunah-sunah ihram:
1.    Mandi, dapat dilakukan di rumah, hotel atau tempat lain di Makkah.
2.    Membaca doa ketika hendak mandi, seperti yang termaktub pada bab umrah tamattu’.
3.    Bertolak ke Masjidil Haram dengan penuh khusyuk dan merendah hati.
4.    Memasukinya tanpa beralaskan kaki.
5.    Shalat tahiyat masjid dua rakaat, atau melakukan shalat fardhu. Afdhalnya berihram setelah shalat zuhur, atau shalat ashar, atau shalat fardhu qadha`, atau shalat sunah minimalnya dua rakaat.
6.    Berihram di Masjidil Haram. Afdhalnya di Hijir Ismail as.
7.    Melafazkan niat ihram tersebut:

أَحِجُّ حَجَّ التَّمَتُّعِ حِجَّةَ اْلإِسْلاَمِ لِوُجُوْبِهِ أَدَاءً قُرْبَةً إِلَى اللهِ تَعَالَى
ahijju hijjatat tamattu’i hijjatal islâmi li wujûbihi qurbatan ilallâhi ta’âla.

Saya berhaji tamattu’ sebagai penyempurna haji Islam yang diwajibkan guna mendekatkan diri kepada Allah.

·      Apabila melaksanakan haji sunah (haji kedua kali atau lebih), maka lafaz niatnya: li wujûbihi diganti li nadbihi. Dan apabila mewakilkan seseorang, maka si pelakunya melafazkan: li wujûbihi diganti niyâbatan ‘an fulân (me-nyebutkan nama yang mewakilkan).

8.    Setelah berihram untuk haji, kemudian melaksanakan shalat fardhu atau selainnya, lalu keluar menuju Mina.
9.    Bertalbiyah dengan suara lemah selama dalam perjalanan menuju Mina hingga mendekati perbukitan Abthah lalu mengeraskan suara talbiyah.
10.    Pabila menuju perjalanan ke Mina ucapkanlah seperti yang diriwayatkan Muawiyah bin Ammar dari Imam Shadiq as:

اَللّهُمَّ إِيَّاكَ أَرْجُو وَإِيَّاكَ أَدْعُوْ فَبَلِّغْنِي أَمَلِي وَأَصْلِحْ لِي عَمَلِي.

allâhumma iyyâka arjû wa iyyâka ad’û fa ballighnî amalî wa ashlih lî ‘amalî.

Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berharap dan berdoa. Maka sampaikanlah segala keinginanku dan perbaikilah untukku amalanku.

11.    Berjalan dengan tenang, merendah diri, memahasucikan Allah Ta’ala, dan menyibukkan diri dengan berzikir. Ketika sampai di kawasan Mina mengucapkan doa:
اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي أَقْدَمَنِيْهَا صَالِحًا فِي عَافِيَةٍ وَبَلَّغَنِي هذَا الْمَكَانِ. اَللّهُمَّ إِنَّ هذَا مِنَى، وَهِيَ مِمَّا مَنَنْتَ بِهِ عَلَيْنَا مِنَ الْمَنَاسِكِ، فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَمُنَّ بِمَا مَنَنْتَ عَلَى أَنْبِيَائِكَ، فَإِنَّمَا أَنَا عَبْدُكَ وَفِي قَبْضَتِكَ.

alhamdu lillâhil ladzî aqdamanîha shâlihan fî ‘âfiyatin wa ballaghanî hâdzal makân(i), allâhumma inna hâdza minâ, wa hiya mimma mananta bihi ‘alaynâ minal manâsiki, fa as`aluka an tamunna bima mananta ‘ala anbiyâ`ika, fa innama ana ‘abduka wa fî qabdhatika.

Segala puji bagi Allah yang telah mengaruniai kesehatan bagi hamba-Nya yang salih, dan telah menyampaikan aku di tempat mulia ini. Ya Allah, ini adalah Mina yang Engkau karuniakan kepada kami untuk rangkaian manasiknya. Aku bermohon kepada-Mu agar Engkau mengaruniakan sebagaimana yang Engkau karuniakan kepada para Nabi-Mu. Sesungguhnya aku hanyalah hamba-Mu yang selalu dalam genggaman-Mu.

12.    Bermalam di Mina pada malam Arafah dengan memper-banyak ibadah, berdoa dan bermunajat. Afdhalnya bermalam di masjid Al-Khaif. Setelah usai melaksanakan shalat subuh, ber-ta’qîb: yaitu menyibukkan diri dengan berzikir, membaca Al-Qur`ân dan bertafakur kepada Allah Ta’ala hingga terbit matahari. Dimakruhkan bertolak ke Arafah sebelum subuh. Kemudian beranjak menuju padang Arafah seraya membaca doa:

اللّهُمَّ إِلَيْكَ صَمَدْتُ، وَإِيَّاكَ اِعْتَمَدْتُ، وَوَجْهَكَ أَرَدْتُ، فَأَسْأَلُكَ أَنْ تُبَارِكَ لِيْ فِي رِحْلَتِيْ، وَتَقْضِيَ لِيْ حَاجَتيْ، وَأَنْ تَجْعَلَنِيَ الْيَوْمَ مِمَّنْ تُبَاهِي بِهِ مَنْ هُوَ أَفْضَلُ مِنِّي.

allâhumma ilayka shamadtu, wa iyyâka i’tamadtu, wa wajhaka aradtu, fa as`aluka an tubârika lî fî rihlatî, wa taqdhiya lî hajatî, wa antaj’alaniyal yawma mimman tubâhî bihi man huwa afdhalu minnî.

Ya Allah, hanya kepada-Mu aku bergantung; hanya kepada-Mu aku bersandar; keridhaan-Mu-lah yang kuinginkan. Aku bermohon pada-Mu, agar Engkau memberkati perjalananku ini, menunaikan hajatku, dan Kau jadikan aku pada hari ini di antara orang yang Kaubanggakan di hadapan orang yang terbaik dariku.

Beberapa anjuran dan amalan malam Arafah
·      Malam sembilan zulhijah yaitu malam Arafah yang diberkati. Malam ini adalah malam doa yang diijabahi, munajat, taubat, dan dikabulkannya hajat. Bagi para pelakunya yang mentaati Allah pada malam itu beroleh pahala seratus tujuh puluh tahun. Fadhilah malam Arafah seperti hari Arafah. Pada malam tersebut banyak sekali amalan yang dianjurkan, di antaranya membaca doa malam Arafah. Diriwayatkan, siapa yang membaca doa malam Arafah, Allah Swt mengampuni dosanya. (Lihat teks doanya pada halaman belakang).
·      Di antara amalan anjuran lainnya adalah membaca doa malam Arafah dan hari Arafah, juga malam Jumat dan hari Jumat. Berikut ini doanya yang diriwayat Syaikh Thusi, Sayyid Ibnu Thawus, Sayyid Ibn Baqi, dan Al-Kif’ami yang disebutkan dalam kitab Al-Mishbâh:

          اللّهُمَّ مَنْ تَعَبَّأَ وَتَهَيَّأَ وَأَعَدَّ وَاسْتَعَدَّ لِوِفَادَةٍ إِلَى مَخْلُوْقٍ رَجَاءَ رِفْدِهِ، وَطَلَبَ نَائِلِهِ وَجَائِزَتِهِ، فَإِلَيْكَ يَا رَبِّ تَعْبِئَتِي وَاسْتِعْدَادِي رَجَاءَ عَفْوِكَ، وَطَلَبَ نَائِلِكَ وَجَائِزَتِكَ، فَلاَ تُخَيِّبْ دُعَائِي، يَا مَنْ لاَ يَخِيْبُ عَلَيْهِ سَائِلٌ (السَّائِلُ)، وَلاَ يَنْقُصُهُ نَائِلٌ، فَإِنِّي لَمْ آتِكَ ثِقَةً بِعَمَلٍ صَالِحٍ عَمِلْتُهُ، وَلاَ لِوِفَادَةِ مَخْلُوْقٍ رَجَوْتُهُ، أَتَيْتُكَ مُقِرًّا عَلَى نَفْسِي بِاْلإِسَاءَةِ وَالظُّلْمِ، مُعْتَرِفًا بِأَنْ لاَ حُجَّةَ لِيْ وَلاَ عُذْرَ، أَتَيْتُكَ أَرْجُوْ عَظِيْمَ عَفْوِكَ، الَّذِي عَفَوْتَ (عَلَوْتَ) بِهِ عَنْ (عَلَى) الْخَاطِئِيْنَ (الْخَطَّائِيْنَ)، فَلَمْ يَمْنَعْكَ طُوْلُ عُكُوْفِهِمْ عَلَى عَظِيْمِ الْجُرْمِ، أَنْ عُدْتَ عَلَيْهِمْ بِالرَّحْمَةِ،
          فَيَا مَنْ رَحْمَتُهُ وَاسِعَةٌ، وَعَفْوُهُ عَظِيْمٌ، يَا عَظِيْمُ يَا عَظِيْمُ يَا عَظِيْمُ، لاَ يَرُدُّ غَضَبَكَ إِلاَّ حِلْمُهُ، وَلاَ يُنْجِي مِنْ سَخَطِكَ إِلاَّ التَّضَرُّعُ إِلَيْكَ، فَهَبْ لِي يَا إِلَهِي فَرَجًا بِالْقُدْرَةِ الَّتِي تُحْيِي بِهَا مَيْتَ الْبِلاَدِ، وَلاَ تُهْلِكْنِي غَمًّا حَتَّى تَسْتَجِيْبَ لِيْ، وَتُعَرِّفَنِي اْلإِجَابَةَ فِي دُعَائِيْ، وَأَذِقْنِي طَعْمَ الْعَافِيَةِ إِلَى مُنْتَهَى أَجَلِي، وَلاَ تُشْمِتْ بِي عَدُوِّي، وَلاَ تُسَلِّطْهُ عَلَيَّ، وَلاَ تُمَكْنْهُ مِنْ عُنُقِي،
     اللّهُمَّ (إِلَهِيْ)، إِنْ وَضَعْتَنِيْ فَمَنْ ذَا الَّذِي يَضَعُنِي، وَإِنْ أَهْلَكْتَنِي فَمَنْ ذَا الَّذِي يَعْرُضُ لَكَ فِي عَبْدِكَ أَوْ يَسْأَلُكَ عَنْ أَمْرِهِ، وَقَدْ عَلِمْتُ أَنَّهُ لَيْسَ فِي حُكْمِكَ ظُلْمٌ، وَلاَ فِي نَقِمَتِكَ عَجَلَةٌ وَإِنَّمَا يَعْجَلُ مَنْ يَخَافُ الْفَوْتَ، وَإِنَّمَا يَحْتَاجُ إِلَى الظُّلْمِ الضَّعِيْفُ، وَقَدْ تَعَالَيْتَ يَا إِلَهِي عَنْ ذَلِكَ عُلُوًّا كَبِيْرًا، اللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ فَأَعِذْنِي، وَأَسْتَجِيْرُ بِكَ فَأَجِرْنِي، وَأَسْتَرْزِقُكَ فَارْزُقْنِي، وَأَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ فَاكْفِنِي، وَأَسْتَنْصِرُكَ عَلَى عَدُوِّيْ (عَدُوِّكَ) فَانْصُرْنِي، وَأَسْتَعِيْنُ بِكَ فَأَعِنِّي، وَأَسْتَغْفِرُكَ يَا إِلَهِي فَاغْفِرْ لِي، آمِيْنَ آمِيْنَ آمِيْنَ.

·      Hendaknya membaca doa ziarah Imam Al-Husain as, dan bagi yang tidak berhaji jika memungkinkan berziarah langsung ke Karbalâ`.


2. WUKUF DI ARAFAH
     Hari kesembilan adalah hari Arafah. Hari itu adalah termasuk hari id yang agung, meskipun tidak dinamakan id pada umumnya. Hari itu adalah hari berdoa kepada Allah, hari ketaatan, ibadah kepada-Nya. Allah Swt menghamparkan bagi mereka jamuan kebaikan dan kedermawanan-Nya. Sementara pada hari itu setan nampak hina-dina dan sangat murka dibandingkan hari-hari selainnya.
     Diriwayatkan bahwa Imam Ali Zainal Abidin as di hari Arafah mendengar seseorang meminta sesuatu kepada selain Allah, lalu beliau berkata kepadanya: “Celakalah, engkau meminta kepada selain Allah pada hari ini …”
     Beberikut ini beberapa amalan sunah sebelum wukuf di padang Arafah:
1.    Mandi. Afdhalnya sebelum zawal (zuhur). Kemudian berwudhu.
2.    Menjamak shalat zuhur dan ashar dengan dua kali azan dan iqomat, baik shalat berjamaah maupun sendiri; shalat tamam maupun qashar.
3.    Wukuf di Maysaratul Jabal.
4.    Niat wukuf di Arafah:

أَقِفُ بِعَرَفَاتٍ مِنَ الزَّوَّالِ إِلَى الْغُرُوْبِ لِحَجِّ التَّمَتُّعِ حِجَّةَ اْلإِسْلاَمِ لِوُجُوْبِهِ قُرْبَةً إِلَى اللهِ تَعَالَى.

aqifu bi ‘arafâtin minaz zawwâli ilal ghurûbi li hajjit tamattu’i hijjatal islâmi li wujûbihi qurbatan ilallâhi ta’âla.

Saya wukuf di Arafah dari zawal (tergeleincir matahari, zuhur) sampai maghrib sebagai penyempurna haji Islam yang diwajibkan guna mendekatkan diri kepada Allah.

·      Apabila ia melaksanakan haji sunah (haji kedua kali atau lebih), maka lafaz niatnya: li wujûbihi diganti listihbâban. Dan apabila mewakili seseorang, maka lafaz niatnya: li wujûbihi diganti niyâbatan ‘an fulân (menyebutkan nama yang mewakilkan).

5.    Menghadirkan hati sepenuhnya kepada Allah Ta’ala, karena pada hari itu adalah saat berdoa, bermunajat dan permohonan. Kosongkan benak Anda dari segala hal yang mengganggu pikiran. Karena padang Arafah merupakan tempat yang afdhal untuk melakukan hal itu. Sedangkan doa yang sesuai untuk dibaca adalah doa yang diajarkan Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib dan Imam As-Sajjad as (maksudnya, Ali Zainal Abidin bin Al-Husain bin Ali bin Abi Thalib as). Lihat doanya di halaman belakang. Diriwayatkan bahwa Basyar dan Basyir kedua putra Ghâlî Al-Asadî berkata: “Tatkala kami bersama Al-Husain bin Ali as menjelang petang (malam) Arafah keluar dari kemahnya dengan khusyu’ dan merendah diri dan berjalan perlahan dan tenang sehingga beliau dan rombongannya dari Ahlibaitnya berhenti di May-saratul Jabal sambil menghadap ke kiblat, kemudian me-nangkat kedua tangannya seraya menundukkan wajahnya bagaikan orang miskin yang mengharapkan makanan”, lalu berdoa dengan doa Arafah.
6.    Mendirikan kemahnya di Namirah.
7.    Setelah shalat ashar sebelum memulai doa-doa Arafah, hendaknya shalat dua rakaat di sekitar padang Arafah (di bawah lelangit), dan mengakui akan dosa-dosanya kepada Allah Ta’ala agar beroleh pahala Arafah dan diampuni dosa-dosanya. Kemudian setelah itu mengamalkan doa-doa Arafah yang diajarkan Rasulullah saw dan Ahlubaitnya as.
8.    Suci dari hadas kecil maupun hadas besar.
9.    Berdiri dengan kedua kakinya. Apabila tidak mampu, se-sekali berdiri dan sesekali duduk. Kecuali jika memang hendak menyibukkan dengan berzikir, berdoa, bertafakur dan ibadah lainnya, maka duduk lebih afdhal.
10.    Menghadap ke Kiblat.
11.    Ziarah Imam Al-Husain as.
12.    Memperbanyak doa dan menangis, bershalawat untuk Nabi dan keluarganya. Dan segera berdoa untuk dirinya, kedua orang tuanya, dan saudara seiman, minimalnya empat puluh orang Mukmin.
13.    Bertobat dan beristighfar dari dosa-dosanya secara rinci. Jika tidak mungkin, mohon diampuni seluruhnya.
14.    Mohon perlindungan dari setan terkutuk: a’ûdzu billâhi minasy syaythânir rajîm.
15.    Memperbanyak berdoa dan zikir. Jika tidak mampu membaca doa dan zikir semuanya, maka semampunya, seperti doa dan zikir berikut:

اَللهُ أَكْبَرُ (×100)
لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ (×100)
اَلْحَمْدُ للهِ (×100)
سُبْحَانَ اللهِ (×100)
مَا شَاءَ اللهُ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ (×100)
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ (×100)

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ الله،ُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ، وَيُمِيْتُ وَيُحْيِي، وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرِ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ (×100)

asyhadu an lâ ilâha illallâh(u), wahdahu la syarîka lah(u), lahul mulku wa lahul hamd(u), yuhyî wa yumît(u), wa yumîtu wa yuhyî, wa huwa hayyun lâ yamût(u), bi yadihil khayr(i), wa huwa ‘alâ kulli syay-in qadîr(un) – 100 x

·      Kemudian membaca tiga surah lengkap di bawah ini:

قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ (×100)
آيَةُ الْكُرْسِيِّ (×100)
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (×100)

·        Dianjurkan pula membaca doa berikut ini:

Text Box: 126Text Box: 125إِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمَآوَاتِ وَاْلأَرْضَ فيِ سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى اْلعَرْشِ يُغْشِ اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيْثًا وَالشَّمْسَ وَاْلقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلاَ لَهُ الْخَلْقُ وَاْلأَمْرُ تَبَارَكَ اللهُ رَبُّ اْلعَالَمِيْنَ، أُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لاَ يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ، وَلاَ تُفْسِدُوْا فِي اْلأَرْضِ بَعْدَ إِصْلاَحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَطَمَعًا إِنَّ رَحْمَةَ اللهِ قَرِيْبٌ مِنَ الْمُحْسِنِيْنَ (×1)

inna rabbakumullâhul ladzî khalaqas samâwâti wal ardha fî sittati ayyâmin tsumas tawâ ‘alal ‘arsyi yughsyil laylan nahâra yathlubuhu hatsîtsâ(n) wasy syamsa wal qamara wan nujûma musakhkharâtin bi amrihi alâ lahul khalqu wal amru tabârakallâhu rabbul ‘âlamîn(a), ud’û rabbakum tadharru’an wa khufyatan innahu lâ yuhibbul mu’tadîn(a), walâ tufsidû fil ardhi ba’da ishlahiha wad ‘ûhu khawfan wa thama’an inna rahmatallâhi qarîbun minal muhsinîn(a). [QS Al-A’râf (7):54-56]

إِنَّ رَبَكُمُ اللهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَآوَاتِ وَاْلأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَ الْعَرْشِ يُدَبِّرُ اْلأَمْرَ مَا مِنْ شَفِيْعٍ إِلاَّ مِنْ بَعْدِ إِذْنِهِ، ذَلِكُمُ اللهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوْهُ، أَفَلاَ تَذَكَّرُوْنَ (×1)

inna rabbakumullâhul ladzî khalaqas samâwâti wal ardha fî sittati ayyâmin tsumas tawâ ‘alal ‘arsyi yudabbirul amra ma min syafî’in illa min ba’di idznihi, dzâlikumullâhu rabbukum fa’budûhu, afalâ tadzakkarûn(a). [QS Yunus(10):3]

قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ اْلفَلَقِ (×1)
قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ (×1)

·      Kemudian memuji Allah ‘Azza wa Jalla atas segala nikmat yang dikaruniakan kepada kita berupa pendengaran, penglihatan, keluarga, harta, dan selainnya itu dengan menyebutkan satu persatu sesuai kemampuan. Setelah itu membaca:

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ عَلَى نَعْمَآئِكَ الَّتِي لاَ تُحْصَى بِعَدَدٍ وَلاَ تُكَافَأُ بِعَمَلٍ.

allâhumma lakal hamdu ‘alâ na’mâ`ikal latî lâ tuhshâ bi ‘adadin walâ tukâfa`u bi ‘amalin.

Ya Allah, hanya kepada-Mu-lah puji-pujian atas segala nikmat yang tidak dapat dihitung bilangannya dan tidak dapat diimbangi dengan amal.

أَسْأَلُ اللهَ بِأَنَّهُ هُوَ اللهُ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ، الْمَلِكُ، الْقُدُّوْسُ، السَّلاَمُ، الْمُؤْمِنُ، الْمُهَيْمِنُ، الْعَزِيْزُ، الْجَبَّارُ، الْمُتَكَبِّرُ، سُبْحَانَ اللهِ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ، هُوَ اللهُ، الْخَالِقُ، الْبَارِئُ، الْمُصَوِّرُ، لَهُ اْلأَسْمَاءُ الْحُسْنَى، يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَآوَاتِ وَاْلأَرْضَ، وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ.

as`alullâha bi annahu huwallâhul ladzî lâ ilâha illa huwal malikul quddûsu assalâmul mu`minul muhayminul ‘azîzul jabbârul mutakabbiru, subhanallâhi ‘ammâ yusyrikûn(a), huwallâhul khâliqul bâri`ul mushawwiru lahul asmâ`ul hus-nâ yusabbihu lahu mâ fis samâwâti wal ardhi wa huwal ‘azîzul hakîm(u).

Aku bermohon kepada Allah, bahwasanya Dialah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Mahaqudus, Yang Mahasejahtera, yang Mengaruniakan keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha Perkasa, yang Mahakuasa, yang Memiliki segala keagungan. Mahasuci Allah dari apa yang mereka sekutukan. Dialah Allah yang menciptakan, yang Mengadakan, yang Membentuk rupa, yang Mempunyai nama-nama yang paling baik. Bertasbih kepada-Nya, apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dialah yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. [QS 59:22-24]

أَسْأَلُكَ يَا اللهُ، يَا رَحْمَنُ بِكُلِّ إِسْمٍ هُوَ لَكَ، وَأَسْأَلُ بِقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ وَعِزَّتِكَ، وَبِجَمِيْعِ مَا أَحَاطَ بِهِ عِلْمُكَ وَبِجَمْعِكَ بِأَرْكَانِكَ كُلِّهَا وَبِحَقِّ رَسُوْلِكَ (صَلَوَاتُكَ عَلَيْهِ وَآلِهِ)، وَبِاسْمِكَ اْلأَكْبَرِ اْلأَكْبَرِ اْلأَكْبَرِ، وَبِاسْمِكَ الْعَظِيْمِ الَّذِي مَنْ دَعَاكَ بِهِ كَانَ حَقًّا عَلَيْكَ أَنْ تُجِيْبَهُ، وَبِاسْمِكَ اْلأَعْظَمِ اْلأَعْظَمِ اْلأَعْظَمِ، الَّذِي مَنْ دَعَاكَ بِهِ كَانَ حَقًّا عَلَيْكَ أَنْ لاَ تَرُدَّهُ، وَأَنْ تُعْطِيَهُ مَا سَأَلَ أَنْ تَغْفِرَلِي ذُنُوْبِي فِي جَمِيْعِ عِلْمِكَ فِيَّ.

as`aluka yâ allâhu yâ rahmânu bi kulli ismin huwa laka, wa as`aluka bi quwwatika wa qudratika wa ‘izzatika, wa bi jamî’i mâ ahâtha bihi ‘ilmuka, wa bi jam’ika wa bi arkânika kulliha, wa bi haqqi rasulika (shalawâtuka ‘alayhi wa âlihi), wa bis mikal akbaril akbar(i), wa bis mikal ‘adhîmil ladzî man da’âka bihi kâna haqqan ‘alayka an tujîbahu, wa bis mikal a’dhamil a’dhamil a’dhamil ladzî man da’âka bihi kâna haqqan ‘alayka an la taruddahu wa antu’thîhi ma sa`alaka an taghfira lî jamî’a dzunûbî fî jamî’i ‘ilmika fiyya.

Aku bermohon pada-Mu, ya Allah, ya Rahmân dengan setiap nama adalah milik-Mu, aku bermohon pada-Mu dengan kekuatan-Mu, kekuasaan-Mu, kemuliaan-Mu, dan dengan seluruh apa yang Engkau ketahui, dan dengan himpunan-Mu dan pilar-pilar-Mu semuanya; dan demi kebenaran rasul-Mu (shalawat-Mu atasnya dan keluarganya); dan dengan nama-Mu yang Mahabesar; dan dengan nama-Mu yang Mahaagung yang dengannya siapa yang memohon kepada-Mu, benar-benar Engkau akan mengijabahinya; dan dengan nama-Mu yang Mahaagung, Maha-agung, Mahaagung yang dengannya siapa yang memohon pada-Mu, niscaya Engkau benar-benar tidak akan menolaknya, bahkan memberinya apa yang ia minta, ampunilah daku semua dosa-dosaku dalam pengetahuan-Mu padaku.

15.    Mohonlah hajat Anda kepada Allah Ta’ala, baik untuk urusan dunia maupun akhirat. Dan mengharapkan agar dapat menunaikan ibadah haji lagi tahun depan, bahkan setiap tahunnya. Pilihlah doa-doa yang Anda sukai. Dan bersemangatlah untuk banyak berdoa, karena saat itu adalah hari berdoa dan permohonan. Berlindunglah kepada Allah dari godaan syaitan, agar syaitan tidak mengacaukan dan mengaburkan pikiran Anda di tempat yang paling disukainya untuk mengaburkan dan mengacaukan pikiran Anda, maka hendaklah Anda selalu melihat ke jamaah haji sekitar Anda.
16.    Lalu mengucapkan:

أَسْئَلُكَ الْجَنَّةَ (×70)
أَسْتَغْفِرُ اللهَ رَبِّيْ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ (×70)

21.    Bacalah doa yang diajarkan Jibril as kepada Adam as karena diterima taubatnya:

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ عَمِلْتُ سُوْءً، وَظَلَمْتُ نَفْسِيْ، وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِيْ، إِنَّكَ أَنْتَ خَيْرُ الْغَافِرِيْنَ، سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ عَمِلْتُ سُوْءً، وَظَلَمْتُ نَفْسِيْ، وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِيْ، فَاغْفِرْلِيْ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ.

subhânakallâhumma wa bi hamdika, lâ ilâha illa anta ‘amiltu sû`an, wa dhalamtu nafsî, wa’taraftu bi dzanbî fagh fir lî, innaka anta khayrul ghâfirîn(a), subhânakallâhumma wa bi hamdika, lâ ilâha illa anta ‘amiltu sû`an, wa dhalamtu nafsî, fa’taraftu bi dzanbî fagh fir lî, innaka antat tawwâbur rahîm-(u).

Mahasuci Engkau, ya Allah, dan dengan memuji-Mu, tiada Tuhan selain Engkau, aku telah melakukan kejelekan dan menzalami diriku sendiri. Semua itu kuakui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik Pengampun. Mahasuci Engkau, ya Allah, dan dengan memuji-Mu, tiada Tuhan selain Engkau, aku telah melakukan kejelekan dan menzalami diriku sendiri. Semua itu kuakui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha menerima taubat lagi Maha Penyayang.

22.    Ucapkan juga doa berikut ini:

اَللّهُمَّ فُكَّنِي مِنَ النَّارِ، وَأَوْسِعْ عَلَيَّ مِنْ رِزْقِكَ الْحَلاَلِ الطَّيِّبِ، وَادْرَأْ عَنِّي شَرَّ فَسَقَةِ الْجِنِّ وَاْلإِنْسِ، وَشَرَّ فَسَقَةِ الْعَرَبِ وَالْعَجَمِ.

allâhumma fukkanî minan nâr(i), wa awsi’ ‘alayya min rizqikal halâlith thayyib(i), wad ra` ‘annî syarra fasaqatil jinni wal insi, wa syarra fasaqatil ‘arabi wal ‘ajam(i).

Ya Allah, selamatkan aku dari api neraka, luaskan untukku dari rejeki-Mu yang halal dan baik, selamatkan aku dari kejahatan jin dan manu-sia, kejahatan orang Arab dan bukan Arab.

23.    Bacalah doa di bawah ini:

اَللّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، فَلاَ تَجْعَلْنِي مِنْ أَخْيَبِ وَفْدِكَ، وَارْحَمْ مَسِيْرِي إِلَيْكَ مِنَ الْفَجِّ الْعَمِيْقِ.

allâhumma innî ‘abduka, falâ taj’alnî min akhyabi wafdika, war ham masîrî ilayka minal fajjil ‘amîqi(i).

Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, jangan Kaujadikan aku orang yang sia-sia mengunjungi-Mu, rahmatilah perjalananku kepada-Mu dari negeri yang jauh.

Dan dilanjutkan membaca doa:

اَللّهُمَّ رَبَّ الْمَشَاعِرِ كُلِّهَا، فُكَّ رَقَبَتِي مِنَ النَّارِ، وَأَوْسِعْ عَلَيَّ مِنْ رِزْقِكَ الْحَلاَلِ، وَادْرَأْ عَنِّي شَرَّ فَسَقَةِ الْجِنِّ وَاْلإِنْسِ، اَللّهُمَّ لاَ تَمْكُرْ بِي وَلاَ تَخْدَعْنِي وَلاَ تَسْتَدْرِجْنِي، اَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَوْلِكَ وَجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ وَمَنِّكَ، يَا أَسْمَعَ السَّامِعِيْنَ، وَيَا أَبْصَرَ النَّاظِرِيْنَ وَيَاأَسْرَعَ الْحَاسِبِيْنَ، وَيَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، أَسْأَلُكَ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ، وَأَنْ تَفْعَلَ بِي ...

Mohonlah hajat Anda ……….

allâhumma rabbal masyâ’iri kulliha, fukka raqabatî minan nâr(i), wa awsi’ ‘alayya min rizqikal halal(i), wadra` ‘annî syarra fasaqatil jinni wal insi, allâhumma la tamkur bî walâ takhda’nî walâ tastadrijnî, allâhumma innî as`aluka bi hawlika wa jûdika, wa karamika wa fadhlika wa mannika, yâ asma’as sâmi’in(a), wa yâ absharan nâdhirîn(a), wa yâ asra’al hâsibîn(a), wa yâ arhamar râhimîn(a), as`aluka an tushalliya ‘alâ muhammadin wa âli muhammad(in), wa an taf’ala bî …… mohonlah hajat Anda.

Ya Allah, Tuhan masy’ar semuanya, bebaskan aku dari api neraka, luaskan untukku dari rejeki-Mu yang halal, selamatkan aku dari kejahatan jin dan manusia, Ya Allah, jangan Kaumakar aku, jangan Kauperdaya aku, dan jangan Kaujauhi aku. Ya Allah, aku bermohon pada-Mu dengan daya-Mu, kedermawanan-Mu, kemuliaan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai yang Maha Mendengar dari semua yang mendengar, wahai yang Maha Melihat dari semua yang melihat, wahai yang Mahacepat hisabnya, wahai yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi, aku bermohon pada-Mu, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, lakukanlah untukku …

24.    Kemudian membaca doa di bawah ini seraya mengang-kat kedua tangan Anda:

اَللّهُمَّ حَاجَتِي إِلَيْكَ إِنْ أَعْطَيْتَنِيْهَا لَمْ يَضُرَّنِي مَا مَنَعْتَنِي، وَإِنْ مَنَعْتَنِيْهَا لَمْ يَنْفَعُنِي مَا أَعْطَيْتَنِي، أَسْأَلُكَ خَلاَصَ رَقَبَتِي مِنَ النَّارِ، اَللّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَمِلْكُ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، وَأَجَلِي بِعِلْمِكَ، أَسْأَلُكَ أَنْ تُوَفَّقَنِي لِمَا يُرْضِيْكَ عَنِّي، وَأَنْ تُسَلِّمَ مِنِّي مَنَاسِكِي الَّتِي أَرَيْتَهَا خَلِيْلَكَ إِبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ، وَدَلَلْتَ عَلَيْهَا نَبِيَّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ.

allâhumma hâjatî ilayka in a’thaytanîha lam yadhurranî ma mana’tanî, wa in mana’tanîha lam yanfa’nî ma a’thaytanî, as`aluka khalâsha raqabatî minan nâr(i), allâhumma innî ‘abduka wa milku nâshiyatî bi yadika, wa ajalî bi ‘ilmika, as`aluka an tuwaffiqanî lima yurdhîka ‘annî, wa antusallima minnî manâsikiyal latî araytaha khalîlaka ibrâhîma (as), wa dalalta ‘alayha nabiyyaka muhammadin (saw).

Ya Allah, keperluanku pada-Mu banyak, jika Engkau memberinya padaku jangan memadharatkan dan mengalangikuku (mentaati-Mu), jika mengalangiku tidak akan bermanfaat bagiku apa yang Kauberikan padaku, aku bermohon pada-Mu keselamatan dari api neraka. Ya Allah, aku adalah hamba-Mu dan yang menguasai ubun-ubunku dengan tangan-Mu, dan ajalku pun sudah Kauketahui. Aku mohon pada-Mu agar Engkau membimbingku menggapai keridhaan-Mu untukku, menerima dariku ibadah haji yang telah Kauajarkan kepada kekasih-Mu Ibrahim, dan Kauajarkan pula pada nabi-Mu Muhammad saw.

اَللّهُمَّ اجْعَلْنِي مِمَّنْ رَضِيْتَ عَمَلَهُ، وَأَطَلْتَ عُمْرَهُ، وَأَحْيَيْتَهُ بَعْدَ الْمَوْتِ حَيَاةً طَيِّبَةً.

allâhummaj ‘alnî mimman radhîta ‘amalahu, wa athalta ‘umrahu, wa ahyaytahu ba’dal mawti hayâtan thayyibatan.

Ya Allah, jadikanlah aku orang yang amalannya Kauridhai, Kaupanjangkan umurnya, Kauhidupkan ia setelah mati dengan kehidupan yang baik.

25.    Disunahkan juga membaca doa yang diajarkan Nabi saw kepada Amirul Mukminin 'Ali as, yaitu doa Arafah, doanya para Nabi sebelum beliau saw:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ، وَيُمِيْتُ وَيُحْيِي، وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرِ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.

lâ ilâha illallâh(u), wahdahu la syarîka lah(u), lahul mulku wa lahul hamd(u), yuhyî wa yumît(u), wa yumîtu wa yuhyî, wa huwa hayyun lâ yamût(u), bi yadihil khayr(i), wa huwa ‘alâ kulli syay-in qadîr(un)

Tiada Tuhan kecuali Allah, Allah yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan kepunyaan-Nyalah semua kerajaan, dan bagi-Nyalah segala pujian. Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan, mematikan dan menghidupkan. Dan Dia-lah yang hidup dan tidak mati. Di tangan-Nyalah terhimpun segala kebaikan, dan Dia-lah yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

اللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كَالَّذِي تَقُوْلُ وَخَيْرًا مِمَّا نَقُوْلُ وَفَوْقَ مَا يَقُوْلُ الْقَائِلُوْنَ. اللّهُمَّ لَكَ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ، وَلَكَ تُرَاثِيْ وَبِكَ حَوْلِيْ وَمِنْكَ قُوَّتِيْ. اللّهُمَ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ، وَمِنْ وَسَاوِسِ الصُّدُوْرِ، وَمِنْ شَتَاتِ اْلأَمْرِ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ. اللّهُمَّ إِنِّيْ أِسْأَلُكَ خَيْرَ مَا تَأْتِي بِهِ الرِّيَاحُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَجِيْئُ بِهِ الرِّيَاحُ، وَأسْأَلُكَ خَيْرَ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ.

allâhumma lakal hamdu kal ladzî taqûlu wa khayran mimma naqûlu wa fawqa mâ yaqûlul qâ`ilûn(a), allâhumma laka shalâtî wa nusukî wa mahyâya wa mamâtî, wa laka turâtsî wa bika hawlî wa minka quwwatî, allâhumma innî a’ûdzu bika minal faqri, wa min wasâwisish shudûri, wa min syatâtil amri, wa min ‘adzâbil qabri, allâhumma innî as`aluka khayra ma ta`tî bihir riyâhu, wa a`ûdzu bika min syarri ma tajî`u bihir riyâhu, wa as`aluka khayral layli wan nahâri.

Ya Allah, bagi-Mu segala pujian sebagaimana yang Kauucapkan bahkan lebih baik daripada yang kami ucapkan dan di atas yang diucapkan oleh para pemuja-Mu. Ya Allah, untuk-Mu-lah shalatku, ibadahku, hidupku, matiku, dan juga peninggalanku. Sedangkan upaya dan kekuatanku berasal dari-Mu. Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kefakiran, kebimbangan hati, ketidakberesan urusan dan pedihnya siksaan kubur. Ya Allah, aku bermohon pada-Mu kebaikan dari tiupan angin, dan kejahatan dari tiupan angin; kumohon pada-Mu kebaikan pergantian malam dan siang.

·      Juga baca doa berikut:

اللّهُمَّ اجْعَلْ فِيْ قَلْبِيْ نُوْرًا وَفِيْ سَمْعِيْ نُوْرًا وَفِيْ بَصَرِيْ نُوْرًا، وَفِي لَحْمِي وَدَمِيْ وَعِظَامِيْ وَعُرُوْقِيْ وَمَقْعَدِيْ وَمَقَامِيْ وَمَدْخَلِيْ وَمَخْرَجِيْ نُوْرًا، وَأَعْظِمْ لِيْ نُوْرًا، يَا رَبِّ يَا رَبِّ يَوْمَ أَلْقَاكَ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.

allâhumaj’al fî qalbî nûran wa fî sam’î nûran wa fî basharî nûran, wa fî lahmî wa damî wa ‘idhâmî wa ‘urûqî wa maq’adî wa maqâmi wa madkhalî wa makhrajî nûran, wa a’dhim lî nûran, yâ rabbi yâ rabbi yawma alqâka, innaka ‘alâ kulli syay-in qadîr(un).

Ya Allah, karuniakan cahaya dalam hatiku, dalam pendengeranku, dalam penglihatan, dalam dagingku, darahku, tulangku, urat nadiku, tempat berdiriku, tempat dudukku, tempat keluarku, tempat masukku. Ya Tuhanku, agungkanlah untukku cahaya pada hari pertemuanku pada-Mu, sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

26.    Baca juga doa berikut ini saat menjelang petang hari:

يَا رَبِّ إِنَّ ذُنُوْبِي لاَ تَضُرُّكَ، وَإِنَّ مَغْفِرَتَكَ لِي لاَ تَنْقُصُكَ، فَاعْطِنِيْ مَا لاَ يَنْقُصُكَ، وَاغْفِرْ لِي مَا لاَ يَضُرُّكَ. اللّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنِي خَيْرَ مَا عِنْدَ لِشَرِّ مَا عِنْدِي، فَإِنْ أَنْتَ لَمْ تَرْحَمْنِي بِتَعَبِي وَنَصَبِي، فَلاَ تَحْرِمْنِي أَجْرَ الْمُصَابِ عَلَى مُصِيْبَتِهِ.

27.    Disunahkan juga pada hari Arafah ketika menjelang matahari terbenam membaca doa berikut:

اَللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ، وَمِنْ تَشَتُّتِ اْلأَمْرِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَحْدُثُ لِي بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، أَمْسَى ظُلْمِي مُسْتَجِيْرًا بِعَفْوِكَ، وَأَمْسَى خَوْفِي مُسْتَجِيْرًا بِأَمَانِكَ، وَأَمْسَى ذُلِّي مُسْتَجِيْرًا بِعِزِّكَ، وَأَمْسَى وَجْهِي الْفَانِي مُسْتَجِيْرًا بِوَجْهِكَ الْبَاقِي، يَا خَيْرَ مَنْ سُئِلَ، وَأَجْوَدَ مَنْ أَعْطَى، يَا أَرْحَمَ مَنِ اسْتُرْحِمَ، جَلِّلْنِي بِرَحْمَتِكَ، وَأَلْبِسْنِي عَافِيَتَكَ، وَاصْرِفْ عَنِّي شَرَّ جَمِيْعِ خَلْقِكَ.

allâhumma innî a’ûdzu bika minal faqri, wa min tasyattutil amri, wa min syarri mâ yahdutsu lî bil layli wan nahâri, amsâ dhulmî mustajîran bi ‘afwika, wa amsâ khawfî mustajîran bi amânika, wa amsâ dzullî mustajîran bi ‘izzika, wa amsâ wajhiyal fânî mustajîran bi wajhikal bâqî, yâ khayra man su`ila, wa ajwada man a’thâ, yâ arhama manis turhima, jallilnî bi rahmatika, wa albisnî ‘âfiyataka, washrif ‘annî syarra jamî’i khalqika.

Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kefakiran, dari kekacauan pekerjaan, dari kejahatan yang akan terjadi padaku di waktu malam dan siang, kezalimanku di waktu petang yang berlindung pada ampunan-Mu, ketakutanku yang berlindung pada keamanan-Mu, kehinaanku yang berlindung pada kemuliaan-Mu, wajahku yang fana yang berlindung pada wajah-Mu yang kekal, wahai sebaik-baik yang diminta, wahai Yang Maha Dermawan ketika memberi, wahai Yang Maha Penyayang dari yang menyayangi, liputilah aku dengan rahmat dan kesejahteraan-Mu, cegahlah aku dari kejahatan semua makhluk-Mu.

28.    Diriwayatkan Abu Abdillah Ash-Shadiq as berkata: “Pabila matahari telah terbenam (maghrib) di hari Arafah membaca:

اَللّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ هذَا المَوْقِفِ، وَارْزُقْنِيْهِ مِنْ قَابِلٍ أَبَدًا مَا أَبْقَيْتَنِي، وَاقْلِبْنِيَ الْيَوْمَ مُفْلِحًا مُنْجِحًا مُسْتَجَابًا لِي، مَرْحُوْمًا مَغْفُوْرًا لِي بِأَفْضَلِ مَا يَنْقَلِبُ بِهِ الْيَوْمَ أَحَدٌ مِنْ وَفْدِكَ، وَحُجَّاجُ بَيْتِكَ الْحَرَامِ، وَاجْعَلْنِيَ الْيَوْمَ مِنْ أَكْرَمِ وَفْدِكَ عَلَيْكَ، وَأَعْطِنِي أَفْضَلَ مَا أَعْطَيْتَ أَحَدًا مِنْهُمْ مِنَ الْخَيْرِ وَالْبَرَكَةِ، وَالرَّحْمَةِ وَالرِّضْوَانِ وَالْمَغْفِرَةِ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا أَرْجِعُ إِلَيْهِ مِنْ أَهْلٍ أَوْ مَالٍ، أَوْ قَلِيْلٍ أَوْ كَثِيْرٍ، وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ.

allâhumma lâ taj’alhu âkhiral ‘ahdi min hâdzal mawqifî, war zuqnîhi min qabilin abadan mâ abqaytanî, wa aqlibni-yal yawma muflihan munjihan mustajâban lî marhûman maghfûran lî bi afdhali mâ yanqalibu bihil yawma ahadun min wafdika wa hujjâji baytikal harâmi waj’alnîl yawma min akrami wafdika ‘alayka, wa’thinî afdhala mâ a’thayta ahadan minhum minal khayri wal barakati war rahmati war ridhwâni wal maghfirati, wa bârik lî fîma arji’u ilayhi min ahlin aw mâlin aw qalîlin aw katsîrin, wa bârik lahum fiyya.

Ya Allah, janganlah Kaujadikan di tempat ini sebagai saat perjumpa-anku yang terakhir, karuniakanlah kepadaku (kemampuan) untuk ber-kunjung lagi di masa mendatang, sepanjang sisa umur yang Kautetapkan bagiku, jadikanlah aku pada hari ini sebagai orang yang sukses, beruntung, doa ampunanku dan rahmatku dikabulkan sebaik yang Kauberikan pada hari ini pada tamu-Mu dan jamaah haji yang menuju rumah-Mu yang suci. Jadikanlah aku pada hari ini di antara tamu-Mu yang paling mulia; anugerahi daku sebaik yang Kauberikan pada mereka, dari kebaikan, keberkahan, rahmat, keridhaan, dan ampunan. Berkati aku ke tempat aku kembali kepada keluarga dan harta, sedikit atau banyak; berkati juga mereka untukku.

29.    Perbanyaklah mengucapkan lafaz berikut ini:

اللّهُمَّ أَعْتِقْنِيْ مِنَ النَّارِ

allâhumma a’tiqnî minan nâr(i)

Ya Allah, bebaskan daku dari api neraka.

30.    Apabila matahari telah terbenam dan awan merah di bagian timur menghilang, jamaah haji segera bertolak ke Masy’aril Haram (Muzdalifah) dengan tenang, tidak mendesak jamaah haji lain, dan hendaknya menyibukkan dengan doa serta istighfar. Jika telah sampai di Al-Katsib Al-Ahmar (bukit pasir merah) sebelah kanan jalan, membaca:

اَللّهُمَّ ارْحَمْ مَوْقِفِي وَزِدْ فِي عَمَلِي، وَسَلِّمْ لِي دِيْنِي وَتَقَبَّلْ مَنَاسِكِي.

allâhummar ham mawqifî wa zid fî ‘amalî, wa sallim lî dînî wa taqabbal manâsikî.

Ya Allah, rahmatilah tempat wukufku, tambahkanlah amalku, selamat-kan untukku agamaku, dan terimalah ibadah manasikku.

          Ala kulli hal, amat banyak doa dan amalan untuk hari yang mulia tersebut bagi siapa yang ingin menghambakan diri kepada Allah Swt melalui doa-doa dan keutamaan amalan di hari itu.


3. WUKUF DI MASY’ARIL HARAM
          Setelah terbenam matahari, 9 Zulhijah (malam Idul Adha), para jamaah haji segera bertolak dari Arafah menuju Masy’aril Haram (Muzdalifah) untuk melaksanakan manasik haji yang lain. Waktunya: harus sudah berada di Masy’aril Haram malam 10 Zulhijah hingga terbit fajar (azan subuh) untuk menunaikan perintah Allah Swt, kemudian setelah terbit fajar hingga terbit matahari berniat wukuf di Masy’aril Haram:

Niat Wukuf:

أَقِفُ بِمَشْعَرِ الْحَرَامِ مِنْ طُلُوْعِ الْفَجْرِ إِلَى طُلُوْعِ الشَّمْسِ لِحَجِّ التَّمَتُّعِ حِجَّةَ اْلإِسْلاَمِ لِوُجُوْبِهِ قُرْبَةً إِلَى اللهِ تَعَالَى.

aqifu bi masy’aril haram(i) min thulû’il fajri ilâ thulû’isy syamsi li hajjit tamattu’i hijjatal islâmi li wujûbihi qurbatan ilallâhi ta’âla.

Saya wukuf haji tamattu’ di Masy’aril Haram dari terbit fajar hingga terbit matahari sebagai penyempurna haji Islam yang diwajibkan guna mendekatkan diri kepada Allah.

·      Pabila ia melaksanakan haji sunah (haji kedua kali atau lebih), maka lafaz niatnya: li wujûbihi diganti: lis tihbâban. Dan pabila mewakili seseorang, maka lafaz niatnya: li wujûbihi diganti: niyâbatan ‘an fulân (menyebutkan nama yang mewakilkan).

Sunah-sunah Wukuf di Masy’aril Haram:
1.    Hendaknya dalam keadaan suci (berwudhu`) saat waktu subuh hingga melaksanakan shalat subuh.
2.    Wukuf di atas kaki gunung (jabal) sambil menghadap ke kiblat.
3.    Memuji dan menyanjung Allah Ta’ala serta Mengagungkan kebesaran-Nya. Dan mengingat segala nikmat, karunia dan cobaan-Nya sesuai kemampuan.
4.    Dianjurkan mengakhirkan shalat maghrib dan isyak hingga di laksanakan di Muzdalifah meskipun sampai sepertiga malam. Dan menjamak kedua shalat tersebut dengan satu azan dan dua iqomat. Untuk shalat nafilah maghrib dilakukan setelah shalat isyak. Namun kalau ada alangan yang menghalangi ia sampai di Muzdalifah sebelum sepertiga malam, maka tidak boleh mengakhirkan kedua shalat tersebut, dan harus melaksanakannya dalam perjalanannya menuju Muzdalifah.
5.    Jika memungkinkan, afdhalnya menghidupkan malamnya dengan beribadah dan berdoa dengan doa ma`tsûr (doa yang diajarkan Nabi saw dan ahlubaitnya as) dan selainnya. Di antaranya membaca doa di bawah ini:

اَللّهُمَّ إِنَّ هذِهِ جُمَعٌ، اَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ أَنْ تَجْمَعَ لِي فِيْهَا جَوَامِعَ الْخَيْرِ، اَللّهُمَّ لاَ تُؤْيِسُنِي مِنَ الْخَيْرِ الَّذِي سَأَلْتُكَ أَنْ تَجْمَعَهُ لِي فِي قَلْبِي، وَأَطْلُبُ إِلَيْكَ أَنْ تُعَرِّفَنِي مَا عَرَّفْتَ أَوْلِيَآئَكَ فِي مَنْزِلِي هذَا وَأَنْ تَقِيَنِي جَوَامِعَ الشَّرِّ.

allahumma inna hâdzihi juma’un, allâhumma innî as`aluka an tajma’a lî fîha jawâmi’al khayri, allâhumma lâ tu`yisnî minal khayril ladzî sa`altuka an tajma’ahu lî fî qalbî, tsumma athlubu minka an tu’arrifanî mâ ‘arrafta awliyâ`aka fî manzilî hâdza wa an taqiyanî jawâmi’asy syarri.

Ya Allah, ini adalah sekumpulan manusia, sesungguhnya kumohon pada-Mu agar Kauhimpunkan untukku segala amal kebaikan. Ya Allah, jangan Engkau kecewakan daku berupa amal kebaikan yang kupinta dari-Mu agar Kauhimpunkan dalam hatiku. Aku mohon pada-Mu agar Engkau mengenalkan daku apa yang Kaukenalkan pada para kekasih-Mu di tempatku ini, dan jagalah daku dari segala kejahatan.

6.    Diriwayatkan Imam Ja’far Ash-Shadiq as berkata: “Seusai melakukan shalat subuh dan dalam keadaan berwudhu pujilah Allah dengan sebaik-baik pujian, sebutlah segala karunia dan anugerah Allah semampunya serta bershalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.” Setelah itu membabaca doa:

اَللّهُمَّ رَبَّ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ، فُكَّ رَقَبَتِي مِنَ النَّارِ، وَأَوْسِعْ عَلَيَّ مِنْ رِزْقِكَ الْحَلاَلِ الطَّيِّبِ، وَادْرَأْ عَنِّي فَسَقَةَ الْجِنِّ وَاْلإِنْسِ، اَللّهُمَّ أَنْتَ خَيْرُ مَطْلُوْبٍ إِلَيْهِ، وَخَيْرُ مَدْعُوٍّ، وَخَيْرُ مَسْؤُوْلٍ، وَلِكُلِّ وَافِدٍ جَائِزَةٍ، فَاجْعَلْ جَائِزَتِي فِي مَوْطِنِي وَمَوْقِفِي هذَا، أَنْ تُقِيْلَنِي عَثْرَتِي وَتَقَبَّلْ مَعْذِرَتِي، وَأَنْ تُجَاوِزَ عَنْ خَطِيْئَتِي ثُمَّ اجْعَلِ التَّقْوَى مِنَ الدُّنْيَا زَادِيْ، (بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ).

allâhumma rabbal masy’aril harâm(i), fukka raqabatî minan nâr(i), wa awsi’ ‘alayya min riqikal halâlith thayyib(i), wad ra` ‘annî fasaqatal jinni wal insi, allâhumma anta khayru mathlûbin ilayhi, wa khayru mad’uwwin, wa khayru mas`ûlin, wa likulli wâfidin jâ`izatin, faj’al jâ`izatî fî mawthinî wa mawqifî hâdza, an tuqîlanî ‘atsratî wa taqabbal ma’dziratî, wa an tujâwiza ‘an khathî`atî tsumaj ‘alit taqwa minad dun-yâ zâdî, (bi rahmatika yâ arhamar râhimîna).

Ya Allah, Tuhan Masy’aril Haram, bebaskan daku dari api neraka, luas-kan untukku rejeki-Mu yang halal dan baik, jauhkan aku dari kejahatan Jin dan manusia. Ya Allah, Engkaulah sebaik-baik yang dipinta, sebaik-baik yang diseru, dan sebaik-baik yang dimohon. Bagi setiap tamu-Mu pasti beroleh hadiah, jadikanlah hadiahku itu di negeri dan tempat ini agar Engkau memaafkan ketergelinciranku, menerima alasan-alasanku, dan memaafkan kesalahanku. Ya Allah, jadikanlah takwa sebagai bekalku di dunia dan akhirat. (Dengan rahmat-Mu, wahai Yang Maha Pe-ngasih dari yang mengasihi).

5.    Memperbanyak berdoa dan memohon kepada Allah Ta’ala, baik untuk diri sendiri, kedua orang tuamu, keluargamu, hartamu, kaum Mukmin serta Mukminat (minimalnya 40 orang).
6.    Perbanyaklah berdoa, merendah pada Allah Swt, dan memohon hingga terbit matahari. Dan juga hal serupa dilakukan pada malam id, bahkan dianjurkan menghi-dupkannya pada malam itu. Sesungguhnya pintu-pintu lelangit akan selalu terbuka baginya. Dalam sebuah hadis qudsi, Allah Swt berfirman: “Akulah Tuhan kalian, dan kalian adalah hamba-Ku. Kalian telah menunaikan hak-Ku, sedangkan Aku berkewajiban mengijabahi permohonanmu.”
7.    Sebelum beranjak meninggalkan Masy’aril Haram, di Muzdalifah disunahkan mengumpulkan batu kerikil yang akan digunakan untuk jumrah di Mina sebanyak 70 buah. Juga disunahkan ketika sampai pada Wadi Muhassir jalan menuju Mina, melakukan harwalah (berlari kecil) sebanyak seratus langkah sambil berdoa:

اَللّهُمَّ سَلِّمْ عَهْدِي، وَاقْبَلْ تَوْبَتِي، وَأَجِبْ دَعْوَتِي، وَاخْلُفْنِي فِيْمَنْ تَرَكْتُ بَعْدِي. رَبِّ اغْفِرْ وَارحَمْ، وَتَجَاوَزْ عَمَّا تَعْلَمْ، إِنَّكَ أَنْتَ اْلأَعَزُّ اْلأَكْرَمُ.

allâhumma sallim ‘ahdî, waqbal tawbatî, wa ajib da’watî, wakh lufnî fîman taraktu ba’dî, rabbigh fir war ham, wa tajâwaz ‘amma ta’lam, innaka antal a’azzul akram(u).

Ya Allah, jagalah janjiku, terimalah taubatku, perkenankan doaku, dan gantikan aku kepada siapa yang telah kutinggalkan setelahku. Tuhanku, ampuni, kasihani dan maafkanlah segala yang telah Kauketahui tentang diriku. Sesungguhnya Engkau Mahamulia dan Maha Dermawan.

·        Mina, Arafah, dan Masy’aril Haram adalah tempat yang dihormati dan tempat yang afdhal untuk syiar. Disebutkan dalam beberapa hadis tentang keutamaannya. Di antaranya:

مَنْ وَقَفَ بِهذَيْنِ الْمَوْقِفَيْنِ: عَرَفَةْ وَمُزْدَلِفَةْ، وَسَعَى بَيْنَ هذَيْنِ الْجَبَلَيْنْ: صَفَا وَمَرْوَةْ ثُمَّ طَافَ بِهذَا الْبَيْتِ وَصَلَّى خَلْفَ مَقَامِ إِبْرَاهِيْمَ (عَلَيْهِ السَّلاَمُ) وَظَنَّ أَنَّ اللهَ لَمْ يَغْفِرْ لَهُ فَهُوَ مِنْ أَعْظَمِ النَّاسِ وِزْرًا.

Siapa yang berwukuf di kedua tempat mulia ini, Arafah dan Muzdalifah, dan bersa’i antara kedua bukit ini, Shafa dan Marwah, lalu tawaf mengitari Rumah Allah (Ka’bah) serta shalat di belakang maqam Ibrahim as, sedangkan ia menduga bahwa Allah tidak akan mengampuninya, maka ia termasuk orang yang berdosa besar.

إِذَا أَخَذَ النَّاسُ مَنَازِلَهُمْ بِمِنَى نَادَى مُنَادٍ مِنْ قِبَلِ اللهِ تَعَالَى: إِذَا أَرَدْتُمْ أَنْ أَرْضِي فَقَدْ رَضِيْتُ.

Apabila seseorang menjadikan rumahnya di Mina, maka akan ada pe-nyeru dari sisi Allah Ta’ala: Jika kamu menghendaki tanahku ini, sung-guh Aku meridhai.

          Jadi jelas dari beberapa riwayat di atas bahwa tempat-tempat yang diberkati termasuk bukti rahmat ilahiyah yang amat luas. Maka seyogianya memanfaatkan tempat-tempat mulia tersebut dengan selalu ber-taqarrub kepada Allah Swt.
          Mina dan Masy’aril Haram termasuk dalam kawasan Al-Haram, sedangkan Arafah keluar kawasan Al-Haram.


4. MELEMPAR JUMRAH
          Setelah matahari terbit, 10 Zulhijah (Idul Adha), para jamaah haji beranjak meninggalkan Masy’aril Haram menuju Mina untuk mengamalkan beberapa amalan di hari tersebut.
1.    Melempar jumrah aqabah dengan tujuh buah batu kerikil.
2.    Menyembelih hewan korban (hadyu)
3.    Halaq atau taqshîr.

          Di Mina ada tiga tempat untuk melempar jumrah yang harus disesuaikan urutannya:
·      Jumrah Ûlâ
·      Jumrah Wusthâ
·      Jumrah ‘Uqbâ (‘aqabah)

Anjuran batu kerikil
1.    Memungutnya dari Al-Masy’ar di malam hari, atau dari Mina.
2.    Bentuk jenisnya seperti batu celak.
3.    Hendaknya batu kerikil yang lunak.
4.    Batu kerikil yang sudah terpecah. Dimakruhkan meme-cahnya dari batu besar.
5.    Seukuran ujung jari tangan.
6.    Dibasuh dengan air, meskipun itu suci.

Adab Melempar Jumrah di Mina
1.    Niat ikhlas karena Allah Ta’ala semata, sebagaimana amalan ibadah lainnya.
2.    Dalam keadaan bersuci.
3.    Tidak berkendaraan.
4.    Berjalan menuju jumrah dengan tenang dan diam.
5.    Saat melempar jumrah ûla menghadap ke arah jumrah dan membelakangi kiblat. Namun pada wusthâ dan ‘uqbâ, melemparnya menghadap kiblat.
6.    Jarak antara pelempar dan jumrah sekitar 10 atau 15 langkah kaki.
7.    Hendaknya batu-batu kerikil dipegang dengan tangan kiri dan melemparnya dengan tangan kanan.
8.    Jika memungkinkan melemparnya dengan cara melontarkan batu, yaitu meletakkan batu pada ibu jari (ibhâm) tangan bagian dalam dan menolaknya dengan telunjuk jarinya.
9.    Batu yang digunakan juga bukan dari jenis batu yang pernah digunakan sebelumnya untuk melempar jumrah.
10.    Setiap kali hendak melempar jumrah (aqabah atau selainnya) membaca doa:

اَللّهُمَّ إِنَّ هذِهِ حَصَيَاتِي فَأَحْصِهِنَّ لِي، وَارْفَعْهُنَّ فِي عَمَلِي. اَللهُ أَكْبَرُ، اَللّهُمَّ ادْحَرْ عَنِّي الشَّيْطَانَ، اَللّهُمَّ تَصْدِيْقًا بِكِتَابِكَ وَعَلَى سُنَّةِ نَبِيِّكَ، اَللّهُمَّ اجْعَلْهُ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَعَمَلاً مَقْبُوْلاً، وَسَعْيًا مَشْكُوْرًا، وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا.

allâhumma inna hâdzihi hashayâtî fa ahshihinna lî war fa’hunna fî ‘amalî. allâhu akbar(u), allâhumad har ‘annîsy syaythâna wa junûdahu, allâhumma tashdîqan bi kitâbika wa ‘alâ sunnati nabiyyika, allâhummaj ‘alhu lî hajjan mabrûran wa ‘amalan maqbûlan wa sa’yan masykûran wa dzanban maghfûran.

Ya Allah, inilah batu-batu kerikilku, hitunglah ia untukku dan teri-malah sebagai amalanku. Allah Mahabesar, ya Allah, jauhkanlah setan dan bala tentaranya dariku. Ya Allah, pengakuanku atas Kitab-Mu dan sunah Nabi-Mu. Ya Allah, jadikanlah ia untukku sebagai haji mabrur, amalan yang diterima, upaya yang disyukuri, dan dosa yang diampuni.

·      Dibolehkan pelempar jumrah hanya melafazkan takbir [allâhu akbar] saja.
11.    Pabila telah sempurna melempar jumrah, lalu kembali ke kemah (rumah)-nya di Mina, membaca doa:

اَللّهُمَّ بِكَ وَثِقْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، فَنِعْمَ الرَّبِّ وَنِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ.

allâhumma bika watsiqtu, wa ‘alayka tawakkaltu, fa ni’mar rabbi wa ni’mal mawla wa ni’man nashîr(u).

Ya Allah, kepada-Mu kupercayakan setiap urusanku, kepada-Mu aku bertawakal.Engkaulah sebaik-baik Rabb, sebaik-baik Tuan dan sebaik-baik penolong.


5. AL-HADYU (BERKORBAN)
          Setelah melempar jumrah aqabah, para jamaah haji menuju tempat pemotongan hewan untuk berkorban onta, sapi atau kambing sesuai dengan kemampuannya.

Hukum-hukum Hewan Korban
1.      Niat ikhlas semata-mata karena Allah Ta’ala.
2.      Untuk onta berusia lima tahun ke atas; sapi berusia dua tahun ke atas; atau biri-biri (domba) satu tahun lebih.
3.      Dalam keadaan sehat dan tidak cacat pada anggota-anggota tubuhnya. Dan bukan dari hewan yang dikebiri.
4.      Tidak terlalu besar dan tidak kurus.
5.      Mulai mempersiapkan hewan korban pada hari Arafah waktu ashar, kemudian dibawanya untuk dipotong pada hari id (10 zulhijah).
6.      Hendaknya jamaah haji melakukan pemotongan hewan sindiri. Jika tidak kuasa menyembelihnya, cukup memegang pisaunya lalu si tukang jagal memegangi tangannya. Juga tidak mengapa jika hanya memegangi tangan si tukang jagal. Atau cukup menyaksikan penyembelihannya saja.
7.      Dianjurkan ketika hendak menyembelih hewan korban menghadap kiblat dan membaca doa berikut:

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَآوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ، إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي للهِ رَبِّ الْعَآلَمِيْنَ، لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، اللّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ، بِاسْمِ اللهِ وَبِاللهِ، وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّي، كَمَا تَقَبَّلْتَ مِنْ إِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِكَ، وَمُوْسَى كَلِيْمِكَ، وَمُحَمَّدٍ حَبِيْبِكَ (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَعَلَيْهِمْ)

wajjahtu wajhiya lilladzî fatharas samâwâti wal ardha hanîfan musliman wa ma ana minal musyrikîn(a), inna shalâtî wa nusukî wa mahyâya wa mamâtî lillâhi rabbil ‘âlamîn(a), lâ syarîka lahu wa bi dzâlika umirtu wa ana minal muslimîn(a), allâhumma minka wa laka, bismillâhi wa billâhi, wallâhu akbar(u), allâhumma taqabbal minnî, kama taqabbalta min ibrâhîma khalîlika, wa mûsa kalîmika, wa muhammadin habîbika (shallallâhu ‘alayhi wa âlihihi wa ‘alayhim)

Kuhadapkan wajahku kepada yang menciptakan langit dan bumi, seba-gai hamba yang hanif dan berserah diri serta bukan tergolong orang yang menyekutukan (musyrik). Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku karena Allah semata Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya, dan dengannya aku diperintahkan, sedangkan aku termasuk golongan muslim. Ya Allah, ini berasal dari-Mu dan untuk-Mu, dengan nama Allah dan karena perkenan Allah, Allah Mahabesar. Ya Allah, terimalah amalku ini sebagaimana Engkau telah menerima dari Ibrahim, khalil-Mu, Musa kalim-Mu, dan Muhammad kekasih-Mu (shalawat atasnya dan keluarganya serta atas mereka semua)


6. HALAQ ATAU TAQSHÎR
          Setelah usai menyembelih hewan korban, wajib melakukan halaq atau taqshîr. Maka setelah mengamalkan amalan tersebut, jamaah haji dihalalkan untuk mengerjakan apa saja yang semula diharamkan selama berihram, kecuali wewangian dan wanita. Kedua hal itu akan dihalalkan setelah melaksanakan manasik haji yang lain. Dengan demikian ia dibolehkan menanggalkan kain ihramnya dan menggantinya dengan pakaian biasa.
          Jamaah haji yang baru kali pertama menunaikan ibadah haji, maka bagi laki-laki wajib halaq (mencukur seluruh rambut kepala, alias botak). Adapun bagi jamaah haji wanita dan jamaah haji yang melaksanakan ibadah haji kedua kali atau lebih cukup taqshîr (menggunting sebagian rambut kepala) yang dilakukan di Mina.

Adab Halaq dan Taqshîr
1.    Niat ikhlas semata-mata karena Allah Swt dan demi mendekatkan diri kepada-Nya. Inilah lafaznya:

أَحْلِقُ فِي فَرْضِ حَجِّ التَّمَتُّعِ لِوُجُوْبِهِ قُرْبَةً إِلَى اللهِ تَعَالَى.

ahliqu fî fardhi hajjit tamattu’i li wujûbihi qurbatan ilallâhi ta’âla.

Saya mencukur rambut dalam melaksanakan kewajiban haji tamattu’ yang diwajibkan guna mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala.

·      Jika hanya menggunting sebagiannya, maka lafaz niatnya: uqashshiru fî fardhi … dan seterusnya.

2.    Menghadap ke kiblat
3.    Membaca basmalah
4.    Memendam rambutnya di tanah Mina
5.    Setelah mencukur rambut hendaknya menggunting sebagian rambut janggut, kumis, dan kukunya.
6.    Ketika mencukur atau menggunting hendaknya berdoa dengan doa yang diriwayatkan Muawiyah bin Ammar dari Imam Ja’far Ash-Shadiq as:

اَللّهُمَّ أَعْطِنِي بِكُلِّ شَعْرَةٍ نُوْرًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَحَسَنَاتٍ مُضَاعَفَاتٍ، وَكَفِّرْ عَنِّيَ السَّيِّئَاتِ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ، اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ.

allâhumma a’thinî bi kulli sya’ratin nûran yawmal qiyâmati, wa hasanatin mudhâ’afâtin, wa kaffir ‘anniyas sayyi`âti, innaka ‘alâ kulli syay-in qadîr(un), allâhumma shalli ‘alâ muhammadin wa âli muhammad(in).

Ya Allah, berilah untukku setiap rambut ini cahaya pada hari kiamat, kebaikan yang berlipat ganda, dan hapuslah dariku segala kejelekan. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, sam-paikan shalawat untuk Muhammad dan keluarga Muhammad.


Beberapa Amalan Wajib Setelah Mina

          Setelah usai melaksanakan beberapa amalan di Mina pada hari Idul Adha, jamaah haji wajib kembali ke Makkah untuk menunaikan lima amalan manasik haji lainnya. Kendati waktu untuk menunaikan amalan-amalan tersebut hingga akhir zulhijah. Dan jika memungkinkan tetap tinggal di Mina untuk melaksanakan sisa amalan di Mina yang belum dilakukan, yaitu dapat dilaksanakan pada malam 11 dan 12 serta 12 zulhijah siang harinya. Kemudian setelah zuhur, 12 zulhijah bertolak ke Makkah untuk menunaikan ke lima amalan manasik haji berikut ini:
1.    Thawaf Haji
2.    Shalat Thawaf
3.    Sa’i, antara Shafa dan Marwah
4.    Thawaf Nisâ`
5.    Shalat Thawaf Nisâ`

Adab Kembali ke Makkah Al-Mukarramah

1.    Mandi sebelum memasuki Masjidil Haram, bahkan disu-nahkan mandi di Mina untuk memasuki Makkah Al-Mu-karramah.
2.    Menggunting kuku dan memotong beberapa rambut kumis.
3.    Berzikir kepada Allah Ta’ala dan bershalawat untuk Nabi dan keluarganya saw ketika menuju Masjidil Haram.
4.    Berdiri di pintu Masjidil Haram seraya berdoa:

اَللّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى نُسُكِي، وَسَلِّمْنِي لَهُ وَسَلِّمْهُ لِي، اَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مَسْأَلَةَ الْعَلِيْلِ الذَّلِيْلِ الْمُعْتَرِفِ بِذَنْبِهِ، أَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوْبِي، وَأَنْ تُرْجِعَنِي بِحَاجَتِي، اَللّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، وَالْبَلَدُ بَلَدُكَ، وَالْبَيْتُ بَيْتُكَ، جِئْتُ أَطْلُبُ رَحْمَتَكَ، وَأَؤُمُّ طَاعَتَكَ، مُتَّبِعًا لأَمْرِكَ، رَاضِيًا بِقَدَرِكَ، أَسْأَلُ مَسْئَلَةَ الْفَقِيْرِ الْمُضْطَرِّ إِلَيْكَ، الْمُطِيْعِ لأَمْرِكَ، الْمُشْفِقِ مِنْ عَذَابِكَ، الْخَائِفِ لِعُقُوْبَتِكَ، اَنْ تُبَلِّغَنِي عَفْدَكَ، وَتُجِيْرَنِي مِنَ النَّارِ بِرَحْمَتَكَ.

allâhumma a’innî ‘alâ nusukî, wa sallimnî lahu wa sallimhu lî, allâhumma innî as`aluka mas`alatal ‘alîlidz dzalîl(i), almu’tarifi bi dzanbihi, an taghfira lî dzunûbî, wa anturji’anî bi hâjatî, allâhumma innî ‘abduka, wal baladu baladuka, wal baytu baytuka, ji`tu athlubu rahmatak(a), wa a`ummu thâ’atak(a), muttabi’an li amrika, râdhiyan bi qadarika, as`aluka mas`alatal faqîril mudhtharri ilayka, almuthî’i li amrika, almusyfiqi min ‘adzâbika, alkhâ`ifi li ‘uqûbatik(a), an tuballighanî ‘afwaka, wa tujîranî minan nâri bi rahmatik(a).

Ya Allah, tolonglah dan selamatkan daku dalam beribadah kepada-Mu, dan terimalah ibadahku. Ya Allah, aku bermohon pada-Mu, permohonan orang yang menderita, hina dan mengakui akan dosanya; ampunilah dosa-dosaku; terimalah hajatku. Ya Allah, akulah hamba-Mu, negeri ini adalah negeri-Mu, rumah ini juga rumah-Mu. Aku datang memohon rahmat-Mu, mengikuti perintah-Mu, mematuhi suruhan-Mu, ridha dengan ketentuan-Mu; Aku mohon pada-Mu, permohonan orang sangat butuh pada-Mu, yang mematuhi perintah-Mu, yang takut akan azab-Mu, khawatir akan siksa-Mu. Liputilah daku dengan maaf-Mu, dan dengan rahmat-Mu, selamatkan daku dari api neraka.

5.    Jika memungkinkan menghampiri Hajar Aswad dan menciumnya. Jika tidak memungkinkan juga, cukup mengisyaratkan dengan tangannya dan menciumnya. Lantas bertakbir dan mengucapkan lafaz seperti pada umrah tamattu’. Demikian juga dengan amalan setelahnya. Lihat halaman
6.    Kemudian melakukan kelima amalan tersebut di atas. Adapun tata caranya sama seperti pada umrah tamattu’.

Beberapa Amalan Sunah Makkah Al-Mukarramah
1.    Melakukan shalat wajib di Masjidil Haram
2.    Memperbanyak dzikrullah, mawas diri dan mengingat-ingat dosa-dosanya.
3.    Mengkhatamkan Al-Qur`ân. Disebutkan dalam satu riwayat, jika Anda lakukan itu sehingga Anda akan melihat tempatmu di sorga dan menyaksikan Rasul Mulia saw.

Keterangan:
·      Tidak ada beda amalan-amalan haji setelah amalan Mina dengan amalan-amalan umrah tamattu’, kecuali niatnya.
·      Tidak ada beda antara tawaf nisa` dan shalat tawaf nisa` dengan tawaf umrah dan shalatnya.
·      Setelah usai melaksanakan tawaf haji, shalat tawaf dan sa’i, maka dihalalkan bagi jamaah haji suami istri melakukan hubungan intim sesuai kehendaknya.

6.    MABIT DI MINA
          Mabit (bermalam) di Mina merupakan rangkaian kewajiban manasik haji yang lain, yakni bagi mereka yang bertolak menuju Makkah untuk melaksanakan beberapa amalan setelah di Mina. Atau mereka yang tidak bertolak ke Makkah namun tinggal di Mina untuk mabit pada kedua malam 11 dan 12 zulhijah. Waktunya, dari terbenam matahari hingga pertengahan malam dengan tujuan qurbatan ilallâhi ta’âla (mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala). Untuk itu, bagi siapa yang bertolak menuju Makkah hendaknya kembali ke Mina sebelum magrib.

Keterangan:
1.    Tidak wajib mabit di Mina bagi jamaah haji yang memiliki uzur sehingga menyusahkan ia bermalam di Mina. Dan bagi yang tinggal di Makkah hendaknya menyibukkan diri dengan beribadah hingga azan subuh.
2.    Barangsiapa yang meninggalkan mabit di Mina karena uzur, wajib baginya menyembelih satu ekor kambing untuk setiap malamnya. Dan tidak wajib kafarat bagi yang menyibukkan beribadah di Makkah.


7.    MELEMPAR JUMRAH
          Wajib bagi setiap jamaah haji melempar tiga jumrah yang masing-masing dengan tujuh buah kerikil yang dilakukan pada 11 dan 12 zulhijah. Waktunya, antara terbit matahari sampai terbenam matahari (magrib).
1.    Tidak dibolehkan melempar jumrah di malam hari, kecuali bagi yang uzur dan bagi yang tidak kuasa melempar jumrah di siang hari.
2.    Jika tidak sempat melempar jumrah pada 11 zulhijah, mi-salnya, maka wajib melakukannya pada hari setelahnya, yakni 12 zulhijah.
3.    Caranya: sama seperti yang dilakukan ketika melempar jumrah aqabah. Pertama, melempar jumrah ûla. Kedua, jumrah wusthâ. Dan, ketiga, jumrah ‘aqabah.
4.    Pada hari ke-12 zulhijah, setelah usai melempar ketiga jumrah tersebut, jamaah haji dibolehkan meninggalkan Mina setelah zuhur. Akan tetapi, apabila tidak hendak meninggalkan Mina hingga terbenam matahari, wajib bermalam pada malam 13 zulhijah di Mina. Kemudian esoknya, pada 13 zulhijah melempar ketiga jumrah, lalu setelah itu meninggalkan Mina.


Sunah-sunah Mina dan Masjid Al-Khayf

1.    Tinggal di Mina pada hari-hari Tasyrîq setelah usai mela-kukan jumrah, dan itu lebih afdhal ketimbang pergi ke Makkah Al-Mukarramah untuk thawaf sunah dan selainnya.
2.    Bertakbir di Mina setelah usai melakukan 15 shalat. Dimulai zuhur di hari nahr hingga shalat subuh hari keempat, bahkan juga setelah melaksanakan shalat-shalat sunah. Dan adapun di tempat selain Mina, setelah melakukan 5 shalat, dari shalat zuhur di hari nahr sampai shalat subuh di hari ketiga. Berikut ini lafaz takbir:

اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، وَاَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ، اَللهُ أَكْبَرُ عَلَى مَا هَدَانَا، اَللهُ أَكْبَرُ عَلَى مَا رَزَقَنَا مِنْ بَهِيْمَةِ اْلأَنْعَامِ، وَالْحَمْدُ للهِ عَلَى مَا أَبْلاَنَا.

allâhu akbar(u), allâhu akbar(u), la ilâha illallâhu, wallâhu akbar(u), allâhu akbar(u), wa lillâhil hamd(u), allâhu akbar(u), ‘alâ mâ hadânâ, allâhu akbar(u), ‘alâ mâ razaqanâ min bahîmatil an’âm(i), wal hamdu lillâhi ‘alâ mâ ablânâ.

Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, segala puji bagi Allah, Allah Mahabesar, atas petunjuk-Nya kepada kami, Allah Mahabesar, atas rejeki-Nya yang diberikan kepada kita dari hewan ternak. Segala puji bagi Allah atas cobaan yang ditimpakan kepada kami.

3.    Disunahkan bagi yang tinggal di Mina melakukan semua shalatnya di masjid al-Khayf (shalat fardhu maupun sunah). Afdhalnya, shalat di mana Rasulullah saw shalat di situ. Yaitu dari koridor ke empat arah kanan, kiri dan belakang sekitar 30 dzirâ’ (15 meter) dari arah kiblat. Disebutkan dalam sebuah hadis: “Bahwa siapa yang shalat seratus rakaat di masjid al-Khayf sebelum beranjak dari Mina, pahalanya sama seperti beribadah tujuh puluh tahun.”
4.    Dalam riwayat lain, “Barang siapa bertasbih seratus kali di masjid tersebut, baginya dicatat menerima pahala membebaskan budak.” Dan, “Barang siapa bertahlil seratus kali di masjid tersebut, baginya ditetapkan pahala orang yang menghidupkan jiwa.” Juga, “Barang siapa bertahmid seratus kali di masjid tersebut, baginya dicatat beroleh pahala sama dengan orang yang berjuang dengan menafkahkan sesuatu di jalan Allah.” Inilah bacaannya:

       لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ (×100)
       اَلْحَمْدُ للهِ (×100)
       سُبْحَانَ اللهِ (×100)

5.    Shalat enam rakaat di atas bukit Mina (al-Shawma’ah) Dan lebih utama jika shalat itu dilakukan ketika hendak kembali ke Makkah sebagai perpisahan (wada’) Mina. Waktunya, tanggal 13 zulhijah pada sore hari.


Sunah-sunah kembali ke Makkah Al-Mukarramah
          Beberapa hal disunahkan saat jamaah haji hendak kembali ke Makkah Al-Mukarramah:
1.    Shalat enam rakaat di Masjid Al-Khayf, sebagaimana telah disebutkan sebelum ini.
2.    Mandi untuk memasuki Makkah Al-Mukarramah dan Masjid Al-Haram.
3.    Masuk melalui pintu bani Syaybah, seperti yang disebutkan sebelum ini.


Amalan-amalan Sunah Makkah Al-Mukarramah
          Berikut ini beberapa amalan sunah ketika hendak memasuki Makkah Al-Mukarramah dan Masjidil Haram:
1.    Mandi, untuk memasuki Makkah Al-Mukarramah dan Masjidil Haram.
2.    Niat,

أَغْتَسِلُ لأَجْلِ دُخُوْلِ مَكَّةَ الْمُكَرَّمَةِ وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ قُرْبَةً إِلَى اللهِ تَعَالَى.

aghtasilu li ajli dukhûli makkatal mukarramata wal masjidil harâmi qurbatan ilallâhi ta’âla.

Saya mandi untuk memasuki Makkah Al-Mukarramah dan Masjidil Haram demi mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala.

3.    Memasuki Masjidil Haram dari pintu bani Syaybah, sekarang terletak di dalam Masjidil Haram setelah perluasan masjid, yaitu di depan pintu As-Salâm.
4.    Diriwayatkan Imam Shadiq as bersabda: “Kalau Anda berkunjung ke Baitul Haram di hari Idul Adha, maka berdiri pada pintu masjid seraya membaca:

اَللّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى نُسُكِي، وَسَلِّمْنِي لَهُ وَسَلِّمْهُ لِي، اَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مَسْأَلَةَ الْعَبْدِ الْمُعْتَرِفِ بِذَنْبِهِ، أَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوْبِي، وَأَنْ تُرْجِعَنِي بِحَاجَتِي، اَللّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، وَالْبَلَدُ بَلَدُكَ، وَالْبَيْتُ بَيْتُكَ، جِئْتُ أَطْلُبُ رَحْمَتَكَ، وَأَؤُمُّ طَاعَتَكَ، مُتَّبِعًا لأَمْرِكَ، رَاضِيًا بِقَدَرِكَ، أَسْأَلُ مَسْئَلَةَ الْفَقِيْرِ الْمُضْطَرِّ إِلَيْكَ، الْمُطِيْعِ لأَمْرِكَ، الْمُشْفِقِ مِنْ عَذَابِكَ، الْخَائِفِ لِعُقُوْبَتِكَ، اَنْ تُبَلِّغَنِي عَفْوَكَ، وَتُجِيْرَنِي مِنَ النَّارِ بِرَحْمَتَكَ.

allâhumma a`innî ‘alâ nusukî, wa sallimnî lahu wa sallimhu lî, allâhumma innî as`aluka mas`alatal ‘abdil mu’tarif bi dzanbihi, an taghfira lî dzunûbî, wa an turji’anî bi hâjatî, allâhumma innî ‘abduka, wal baladu baladuka, wal baytu baytuka, ji`tu athlubu rahmataka, wa a`ummu thâ’ataka, muttabi’an li amrika, râdhiyan bi qadarika, as`alu mas`alatal faqîril mudhtharri ilayka, almuthî’i li amrika, almusyfiqi min ‘adzâbika, alkhâ`ifi li ‘uqûbatika, an tuballighanî ‘indaka, wa tujîranî minan nâri bi rahmatika.

Ya Allah, bantulah aku dalam berbagai ibadahku, selamatkan aku karenanya dan terimalah ia untukku. Ya Allah, aku bermohon pada-Mu sebagai permohonan hamba yang mengakui akan dosanya, ampunilah dosa-dosaku, dan sampaikan untukku hajatku. Ya Allah, sesungguhnya aku ini hamba-Mu, negeri ini adalah negeri-Mu, rumah ini adalah rumah-Mu. Aku datang memohon rahmat-Mu, untuk mentaati-Mu, mengikuti perintah-Mu, ridha atas ketentuan-Mu. Aku mohon sebagai permohonan orang yang amat butuh pada-Mu, yang mematuhi perintah-Mu, yang takut akan azab-Mu, khawatir hukuman-Mu, agar Kauliputi aku dengan  maaf-Mu, dan dengan rahmat-Mu Kauselamatkan aku dari siksa api neraka.

5.    Melaksanakan shalat wajib di Masjidil Haram. Dan tidak ada suatu tempat di alam ini yang lebih afdhal darinya. Siapa yang shalat di dalamnya sama saja shalat seribu rakaat. Keutamaan lain dari tempat itu adalah diutusnya Nabi Muhammad saw menjadi Nabi.
6.    Memperbanyak dzikrullah, mawas diri ketika berzikir kepada Allah Ta’ala.
7.    Jika memungkinkan, mengkhatamkan bacaan al-Qur`an. Diriwayatkan bahwa siapa yang mengkhatam bacaan Al- Qur`an, maka sebelum matinya ia akan melihat Rasul saw dan tempatnya di sorga.
8.    Memperpanjang pandangan ke arah Ka’bah Al-Mukarramah. Nabi saw bersabda: “Memandang bentuk Ka’bah dengan kecintaan akan meruntuhkan dosa-dosa.” Imam 'Ali as bersabda: “Apabila jamaah haji memasuki Masjidil Haram, maka perbanyaklah memandang ke Ka’bah Al-Mukarramah. Karena di Rumah Allah itu ada seratus dua puluh rahmat. Enam puluh bagi orang-orang yang thawaf, empat puluh bagi yang shalat (di situ), dan dua puluh bagi mereka yang memandangnya.”
9.    Setelah usai melakukan thawaf haji, disunahkan thawaf tujuh putaran dan shalat dua rakaat yang diniatkan untuk Anda, kedua orang tua Anda, istri, anak serta handai taulan. Dibolehkan satu thawaf tujuh putaran dengan satu shalat untuk semuanya (orang-orang yang tersebut). Akan tetapi lebih afdhalnya, sekali thawaf tujuh putaran dan satu shalat untuk satu orang dari mereka.
10.    Kalau Anda masih tinggal di Makkah al-Mukarramah, disunahkan juga melakukan thawaf sebanyak 360 kali pu-taran seperti bilangan hari dalam setahun. Jika memung-kinkan, setiap thawaf tujuh kali putaran memutari Ka’bah. Jadi 52 x 7 thawaf = 364. Jika tidak memungkinkan, dapat dilakukan sesuai kemampuan, karena thawaf sunah tersebut sama seperti shalat sunah, maka boleh saja jika menghendaki sedikit atau banyak. Bagi penduduk Makkah thawaf lebih afdhal daripada shalat.
11.    Minum air zamzam. Beberapa riwayat menyebutkan tentang keutamaan air zamzam tersebut.


Air Zamzam

          Disunahkan minum air zamzam, bahkan disunahkan meminumnya dengan puas, karena air zamzam berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit, memperoleh hajat dan segala keperluan lainnya. Tuntutan yang paling penting adalah memohon ampunan kepada Allah Ta’ala, mengharap masuk sorga, selamat dari api neraka serta selamat dari berbagai ketakutan barzakh dan hari kiamat.
          Disunahkan juga membawa air zamzam untuk dihadiahkan kepada keluarga, kerabat dan sahabat. Diriwayatkan bahwa Nabi saw sepulangnya menunaikan ibadah haji beliau membawa air zamzam ke Madinah dan membagikannya kepada kerabat dan sahabatnya. Diriwayatkan pula bahwa sekelompok ulama minum air zamzam untuk memperoleh keinginan tertentu, seperti memperoleh ilmu, dikabulkan hajat mereka dan kesembuhan penyakit serta selainnya itu.
     Bersabda Imam Ja’far Ash-Shadiq as: “Sebaik-baik air di muka bumi ini adalah air zamzam.” Demikian pula tempat-tempat di Masjidil Haram dan di sekitar Ka’bah Al-Muqaddasah bagi orang-orang yang beribadah, ruku’, sujud, dan thawaf di sepanjang siang dan malam. Bersabda Imam Ja’far Ash-Shadiq as: “Air zamzam adalah penyembuh bagi yang meminumnya.”
     Doa ketika minum air zamzam:

اَللّهُمَّ اجْعَلْهُ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا وَاسِعًا، وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسُقْمٍ. بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ وَالشُّكْرُ للهِ.

allâhummaj ‘alhu ‘ilman nâfi’an, wa rizqan wâsi’an, wa syifâ`an min kulli dâ`in wa suqmin, bismillâhi wa billâhi wasy syukru lillâh(i).

Ya Allah, jadikanlah ia (penambah) ilmu yang bermanfaat, rejeki yang luas, obat penawar dari segala penyakit, dengan nama Allah, karena Allah, dan bersyukur kepada Allah.


Sunah-sunah Wada’ Untuk Ka’bah

1.    Pabila tiba saatnya jamaah haji hendak kembali ke ke-luarganya (tanah air), sebelum itu dianjurkan membeli korma dan disedekahkan kepada para fakir miskin, masing-masing segenggam korma. Demikian itu sebagai kafarat dan sikap hati-hati, dan dimungkinkan juga selama berihram pernah melakukan kesalahan di Al-Haram atau selainnya.
2.    Dianjurkan berkeinginan kuat untuk kembali menunaikan ibadah haji atau umrah di tahun mendatang. Memohon kepada Allah agar dapat kembali menunaikan ibadah umrah dan haji, karena demikian itu menambah umur, Insya Allah.
3.    Thawaf tujuh kali putaran mengitari Ka’bah Asy-Syarîfah.
4.    Menghampiri Hajar Aswad dan menciumnya. Juga jika memungkinkan menghampiri rukun Yamani setiap putaran. Dan jika tidak memungkinkan, cukup pada awal putaran pertama dan akhir putaran ketujuh.
5.    Menghampiri Al-Mustajâr, yaitu berada di belakang pintu Ka’bah Asy-Syarîfah, hal dilakukan seperti saat awal kedatangan ke Masjidil Haram.
6.    Berdoa ketika berada di dekat Al-Mustajâr dengan doa yang dikehendaki.
7.    Setelah itu, jika memungkinkan, menghampiri Hajar Aswad dan menciumnya, lalu melekatkan perut Anda pada dinding Ka’bah.
8.    Memuji dan menyanjung Allah Swt serta bershalawat untuk Nabi Muhammad dan keluarganya.
9.    Berdoa dengan doa berikut:

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ، وَنَبِيِّكَ وَأَمِيْنِكَ، وَحَبِيْبِكَ وَنَجِيِّكَ، وَخِيَرَتِكَ مِنْ خَلْقِكَ، اَللّهُمَّ كَمَا بَلَّغَ رِسَالاَتِكَ، وَجَاهَدَ فِي سَبِيْلِكَ، وَصَدَعَ بِأَمْرِكَ، وَأُوْذِيَ فِيْكَ وَفِي جَنْبِكَ (وَعَبَدَكَ) حَتَّى أَتَاهُ الْيَقِيْنَ، اَللّهُمَّ اقْلِبْنِي مُنْجِحًا مُفْلِحًا مُسْتَجَابًا لِي، بِأَفْضَلِ مَا يَرْجِعُ بِهِ أَحَدٌ مِنْ وَفْدِكَ مِنَ الْمَغْفِرَةِ، وَالْبَرَكَةِ وَالرِّضْوَانِ وَالْعَافِيَةِ فِيْمَا يَسَعُنِي أَنْ أَطْلُبَ أَنْ تُعْطِيَنِي مِثْلَ الَّذِي أَعْطَيْتَهُ أَفْضَلَ مَنْ عَبَدَكَ وَتَزِيْدَنِي عَلَيْهِ، اَللّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ بَيْتِكَ، اَللّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ، حَمَلْتَنِي عَلَى دَابَّتِكَ، وَسَيَّرْتَنِي فِي بِلاَدِكَ، حَتَّى أَدْخَلْتَنِي حَرَمَكَ وَأَمْنِكَ، وَقَدْ كَانَ فِي حُسْنِ ظَنِّي بِكَ أَنْ تَغْفِرَلِي ذُنُوْبِي، فَإِنْ كُنْتَ قَدْ غَفَرْتَ ذُنُوْبِي فَازْدِدْ عَنِّي رِضًى، وَقَرِّبْنِي إِلَيْكَ زُلْفَى، وَلاَ تُبَاعِدْنِي، وَإِنْ كُنْتَ لَمْ تَغْفِرْلِي فَمِنَ اْلآنَ فَاغْفِرْلِي قَبْلَ أَنْ تَنْأَى عَنْ بَيْتِكَ دَارِي، فَهذَا أَوَانُ اِنْصِرَافِي، إِنْ كُنْتَ قَدْ أَذِنْتَ لِي غَيْرَ رَاغِبٍ عَنْكَ وَلاَ عَنْ بَيْتِكَ، وَلاَ مُسْتَبْدِلٍ بِكَ وَلاَ بِهِ، اَللّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَعَنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِيْنِي وَعَنْ شِمَالِي، حَتَّى تُبَلِّغَنِي أَهْلِي، فَإِذَا بَلَّغْتَنِي أَهْلِي فَاكْفِنِي مَؤُوْنَةَ عِيَالِي، فَإِنَّكَ وَلِيُّ ذلِكَ مِنْ خَلْقِكَ وَمِنِّي.

allâhumma shalli ‘alâ muhammadin ‘abdika wa rasûlika, wa nabiyyika wa amînika, wa habîbika wa najîbika, wa khiyaratika min khalqika, allâhumma kama ballagha risâlâtika, wa jâhada fî sabîlika, wa shada’a bi amrika, wa ûdziya fîka wa fî janbika (wa ‘abadaka) hattâ atâhul yaqîn(u), allâhumma aqlibnî munjihan muflihan mustajâban lî, bi afdhali mâ yarji’u bihi ahadun min wafdika minal maghfirati wal barakati war ridhwâni wal ‘afiyati, fima yasa’unî an athluba an tu’thiyanî mitslal ladzî a’thaytahu afdhala man ‘abadaka, wa tazîdanî ‘alayhi, allâhumma la taj’alhu âkhiral ‘ahdi min baytika, allâhumma innî ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatika, hamaltanî ‘alâ dâbbatika, wa sayyartanî fî bilâdika, hattâ adkhaltanî hara-maka wa amnaka, wa qad kâna fî husni dhannî bika an tagh-fira lî dzunûbî, fa in kunta qad ghafarta dzunûbî fazdad ‘an-nî ridhâ(n), qarribnî ilayka zulfâ, walâ tubâ’idnî wa in kunta lam taghfir lî fa minal âna, faghfir lî qabla an tan`â ‘an baytika dârî, fa hâdza awânu inshirâfî, in kunta qad adzinta lî ghayra râghibin ‘anka walâ ‘an baytika, walâ mustabdilin bika walâ bihi, allâhummah fadhnî min bayni yadayya wa ‘an khalfî wa ‘an yamînî wa ‘an syimâlî, hattâ tuballighanî ahlî, fa idzâ ballaghtanî ahlî fakfinî ma`ûnata ‘iyâlî, fa innaka waliyyu dzâlika min khalqika wa minnî.

Ya Allah, curahkan shalawat kepada Muhammad hamba-Mu, rasul-Mu, nabi-Mu, kepercayaan-Mu, kekasih-Mu, pilihan-Mu, dan makh-luk-Mu yang terbaik. Ya Allah, sebagaimana yang ia telah sampaikan risalah-Mu, berjuang di jalan-Mu, menjelaskan perintah-Mu, diganggu dan dicerca dalam menyampaikan amanat-Mu dan menyembah-Mu sampai datang padanya keyakinan. Ya Allah, tentukan aku sebagai orang yang sukses, beruntung dan diterima sebaik yang diperoleh salah seorang dari tamu-Mu berupa ampunan, keberkahan, rahmat, keridha-an, dan afiyat, di mana kuasaku untuk meminta dan agar Engkau memberiku seperti yang Kauberikan itu sebaik-baik yang menyembah-Mu, dan tambahkanlah itu untukku. Ya Allah, janganlah Kautetapkan ini sebagai saat perjumpaanku yang terakhir dengan rumah-Mu yang suci. Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu dan putra dari hamba dan sahaya-Mu. Engkau telah membawaku di atas kendaraan-Mu, sehingga Kauperjalankan aku di berbagai negeri-Mu. Dan Engkau telah memasukkan aku di haram-Mu dan keamanan-Mu. Sungguh, itu semua dalam berbaik sangkaku pada-Mu agar Engkau mengampuni untukku dosa-dosaku. Maka jika Engkau, ya Allah, telah mengampuni dosa-dosaku, tambahkanlah keridhaan-Mu itu bagiku, dan dekatkanlah daku kepada-Mu sedekat mungkin, dan janganlah Kaumenjauh dariku. Dan jika Engkau tidak mengampuniku, maka siapa lagi saat ini, maka am-punilah daku sebelum aku menjauh dari rumah-Mu dan kembali ke ru-mahku. Inilah saat aku pulang, sekiranya Engkau mengijinkan; meski-pun kepulanganku ini disebabkan berkurangnya keinginanku kepada-Mu dan rumah-Mu, dan aku sekali-kali takkan mengganti-Mu atau rumah-Mu dengan sesuatu yang lain. Ya Allah, jagalah aku dari sisi depanku, belakangku, sisi kananku, dan sisi kiriku sehingga Engkau menyampaikan aku berjumpa dengan keluargaku. Maka apabila Engkau telah mengantarkanku pada keluargaku, cukupilah keperluan hidup keluargaku. Sesungguhnya Engkau Penolong bagi makhluk-Mu dan hamba-Mu ini.

5.    Kemudian mendatangi sumur zam-zam untuk minum airnya, dan jangan menyiramkannya pada kepala, seraya mengucap-kan:

آئِبُوْنَ تائِبُوْنَ عابِدُوْنَ، لِرَبِّنَا حَامِدُوْنَ، إِلَى رَبِّنَا مُنْقَلِبُوْنَ، رَاغِبُوْنَ إِلَى رَبِّنَا رَاجِعُوْنَ إِنْ شَاءَ اللهُ.

â`ibûna tâ`ibûna ‘âbidûna, li rabbinâ hâmidûn(a), ilâ rabbinâ munqalibûna, râghibûn(a), ilâ rabbinâ râji’ûna insyâ allâh (u).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar